Rabu, 07 September 2016

Cara Menyimpan Kepiting Agar Tahan Lama Dan Lebih Awet


lurucoro.com Bagi pecinta masakan serba kepiting, pastinya kepiting hidup menjadi pilihan utama yang digunakan untuk memasak. Jika Anda tidak punya kepiting hidup, Anda masih bisa menggunakan kepiting yang sudah dimasak maupun daging kepiting kalengan. Namun, tentu kepiting yang segar akan lebih lezat tidak akan membuat Anda bingung masak apa untuk bumbunya.

 Untuk menjaga agar kepiting tetap segar, ada beberapa cara yang benar untuk menyimpannya. Menjaga kepiting agar tetap segar pun harus dilihat dahulu apakah Anda ingin menyimpan kepiting yang masih hidup atau kepiting yang sudah matang. Untuk menyimpan kepiting hidup, kita harus tahu cara terbaik agar kepiting tidak mati sehingga mengurangi cita rasa masakan Anda.

 Cara menyimpan kepiting itu tidak susah, lho. Dengan cara-cara yang sesuai untuk kepiting yang Anda mau, Anda bahkan masih bisa menyimpan kepiting untuk 3 bulan ke depan!

 Kepiting Hidup Jika Anda membeli jenis kepiting biru, Anda sangat beruntung karena jenis kepiting ini termasuk kepiting yang tahan disimpan berhari-hari. Langkah tepat untuk menjaga kepiting ini tetap hidup adalah pastikan Anda membelinya dalam kondisi dingin dan basah. Setelah itu, simpan kepiting di dalam keranjang kayu yang bagian dasarnya dilapisi karung goni atau kertas koran basah untuk menjaga tubuhnya tetap dingin dan ada arus udara agar mereka tetap bernafas. Hindari merendam kepiting hidup di dalam baskom berisi air jika Anda tidak ingin membunuhnya. Kepiting yang mati akibat direndam di dalam air akan membuat dagingnya jadi tidak enak.

Kepiting Matang Jika Anda sudah merebus kepiting, meretakkan cangkangnya, dan mematah-matahkan kakinya tapi belum ingin segera memasaknya, Anda harus segera menyimpannya di kulkas. Sebelum menyimpan di kulkas, Anda harus memasukkan kepiting matang ke dalam plastik penyimpan makanan atau alumunium foil. Kepiting yang disimpan di dalam kulkas akan bertahan hingga 3 sampai 5 hari. Jika Anda ingin menyimpan kepiting matang di dalam freezer, Anda harus memasukkannya ke dalam kantong plastik kedap udara terlebih dahulu, baru setelah itu dimasukkan kedalam freezer. Kepiting matang yang disimpan di dalam freezer akan bertahan hingga 3 bulan lamanya.

 Dengan mengetahui cara-cara terbaik menyimpan kepiting, kini Anda bisa mendapatkan stok kepiting segar lebih lama untuk dikreasikan ke dalam berbagai masakan. Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar